Dandim 0906/Kkr Hadiri Apel Mantap Praja Mahakam 2024

TENGGARONG – GUNA menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Operasi Mantap Praja Mahakam Tahun 2024.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pasukan di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Jumat (23/08/2024) yang turut dihadiri Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letnan Kolonel (Letkol) CZI Damai Adi Setiawan.

Apel Mantap Praja Mahakam dipimpin langsung Kapolres Kukar Heri Rusyaman dan diikuti Kodim 0906/Kkr, Sabhara, Dalmas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kukar, Satuan Resintel, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, dan berbagai instansi terkait lainnya.

Kapolres Kukar Heri Rusyaman dalam amanatnya saat gelar pasukan mengingatkan, kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini adalah tanggung jawab bersama semua pihak.

Dia mengatakan, Pilkada merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia. Sekaligus menjadi penentu masa depan bangsa. Pilkada memiliki kompleksitasnya sendiri, karena dilaksanakan secara serentak di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

“Dengan kondisi geografis yang berbeda di masing-masing daerah, sehingga memiliki karakteristik kerawanan yang berbeda, yang sangat rentan menimbulkan konflik sosial, baik secara horizontal maupun vertikal,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Apel Pengamanan dilaksanakan untuk melihat kesiapan dari instansi Polri, TNI, dan juga unsur-unsur lainnya agar pengamanan Pilkada serentak nanti dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

 

Sementara itu, Kodim 0906/Kkr, Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan yang ditemui awak media disela-sela kegiatan menegaskan, jajaran Kodim 0906/Kkr siap membantu pelaksanaan pengamanan Pilkada 2024.

“Kegiatan Apel Pengamanan ini, adalah untuk pengecekan kesiapan personil, baik dari TNI, Polri, maupun instansi lainnya. Sehingga, dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024 nantinya dapat berjalan dengan aman dan tertib,” jelasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com