Kaltim Sebagai Ikon Kriyanusa 2024

SAMARINDA – PROVINSI Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat kepercayaan sebagai salah satu pengisi utama atau ikon Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2024, yang akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta, pada 28 Agustus 2024 hingga 1 September 2024 mendatang.

Kerana itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim melaksanakan rapat finalisasi persiapan, dengan tujuan membahas berbagai persiapan demi mensukseskan giat Kriyanusa 2024 yang merupakan agenda event rutin setiap tahun.

“Tahun ini Kaltim dipercaya sebagai salah satu pengisi utama atau Ikon Kriyanusa 2024,” ujar Ketua Dekranasda Kaltim, sekaligus juga Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (DP2UMKM) Provinsi Kaltim Heni Purwaningsih saat memberikan arahan di Ruang Rapat DP2UMKM Kaltim, Jalan MT Haryono Samarinda, Jum’at (23/8/2024).

Oleh sebab itu, sambungnya, diperlukan persiapan matang untuk menampilkan performa terbaik Kaltim di event nasional itu, baik dari sisi produk kerajinan maupun sajian acara.

Sebagai informasi, Kriyanusa 2024 bakal diisi 430 stand pameran, dan ditargetkan sekitar 50 ribu pengunjung akan datang dalam gelaran pameran selama 5 hari pelaksanaan itu.

Dekranasda Kaltim sebagai partisipan utama, akan mengisi 30 stand, terdiri dari para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perwakilan Dekranasda dari 10 kabupeten dan kota.

Selain pameran, Kaltim juga akan menampilkan display stand ikonik berupa Rumah Lamin serta mengisi beragam acara dan kegiatan di panggung lokakarya. Kemudian, direncanakan Kaltim juga akan mengadakan workshop membuat produk kerajinan dari manik, menganyam rotan dan sulam tumpar di panggung lokakarya.

Sementara di panggung utama, tim Kaltim juga akan menampilkan performa tarian daerah, seperti Tari Budoq dan Tari Jepen, talkshop serta fashion show. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com