Pemkab Kukar Fokus Pemberdayaan Pedagang Asongan

ANGGANA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus memberikan perhatian kepada para pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM), termasuk para pedagang asongan di daerah itu.

Perhatian itu, salah satunya melalui program Kukar Kaya Festival. Di mana salah satu sasaran dari penyelenggaraan festival adalah para pedagang asongan, khususnya di kecamatan, untuk memberikan dampak ekonomi kerakyatan, agar perputaran uang terjadi.

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan sambutan pada pembukaan Festival Islami Kecamatan Anggana yang dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Anggana, Jumat (23/8/2024).

Menurut Edi Damansyah, pedagang asongan memegang peranan penting dalam perekonomian lokal dan sosial masyarakat. Oleh karena itu, Pemkab Kukar berencana memberikan berbagai bentuk dukungan, termasuk pelatihan keterampilan, bantuan modal, dan penyediaan tempat berjualan yang lebih layak.

“Para pedagang asongan adalah bagian dari pilar ekonomi kita. Kami ingin memastikan mereka tidak hanya dapat berjualan dengan aman, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki taraf hidup mereka,” ujarnya.

Edi Damansyah berharap, kegiatan Festival Islami ini memberi dampak ekonomi kerakyatan, pelaku usaha mikro kecil yang ada di Kecamatan Anggana sekitarnya. “Jadi harus dikelola dengan baik dan berkualitas agar masyarakat ramai datang,” ujarnya.

Dia juga berharap, dengan dukungan tersebut, para pedagang asongan dapat lebih berdaya saing dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian daerah. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com