Sumber: Okezone

Berlian 2.492 Karat Ditemukan di Botswana, Terbesar Kedua Setelah Berlian Cullinan

GABORONE – Berlian seberat 2.492 karat yang menjadi berlian terbesar di dunia ditemukan di Botswana di Tambang Berlian Karowe timur laut Botswana menggunakan teknologi sinar X. Hal itu diungkapkan perusahaan tambang Lucara Diamond Corp dalam sebuah pernyataan pada Kamis (22/08/2024).

Namun, Lucara tidak menyebutkan nilai temuan tersebut atau menyebutkan kualitasnya. Hanya saja, dalam hal karat, batu tersebut berada di urutan kedua setelah Berlian Cullinan seberat 3.016 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905.

“Kami sangat gembira dengan penemuan berlian 2.492 karat yang luar biasa ini,” kata Presiden Lucara William Lamb dalam pernyataan tersebut, dikutip dari Al Jazeera.

Gambar yang dirilis oleh perusahaan tersebut menunjukkan berlian tersebut sebesar telapak tangan.

Temuan ini adalah salah satu berlian kasar terbesar yang pernah ditemukan dan dideteksi menggunakan teknologi Mega Diamond Recovery X-ray milik perusahaan itu.

Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi diperlihatkan batu besar itu pada hari Kamis dan Pemerintahnya mengeklaim berlian itu adalah yang terbesar kedua di dunia.

Sementara Tobias Kormind, direktur pelaksana perhiasan berlian daring terbesar di Eropa, 77 Diamonds, mengonfirmasi bahwa itu adalah berlian kasar terbesar yang ditemukan sejak Cullinan Diamond, yang sebagiannya menghiasi permata mahkota Inggris.

“Penemuan ini sebagian besar berkat teknologi baru yang memungkinkan berlian yang lebih besar diekstraksi dari tanah tanpa pecah berkeping-keping. Jadi, kemungkinan besar kita akan melihat lebih banyak dari mana asalnya,” katanya.

Diketahui, Botswana adalah salah satu produsen berlian terbesar di dunia dan menjadi sumber pendapatan utamanya. Bahkan berlian juga menyumbang 30 persen dari produk domestik bruto dan 80 persen dari ekspornya.

Negara Afrika Selatan itu bulan lalu mengusulkan undang-undang yang akan meminta perusahaan pertambangan, setelah diberi lisensi, untuk menjual 24 persen saham di tambang kepada investor lokal kecuali pemerintah menggunakan opsinya untuk mengakuisisi kepemilikan saham tersebut.

Sebelum penemuan itu diumumkan pada hari Kamis, berlian terbesar yang ditemukan di Botswana adalah batu 1.758 karat yang ditambang oleh Lucara di tambang Karowe pada 2019 dan diberi nama Sewelo.

Selain itu, Lucara juga menemukan berlian 1.174 karat di Botswana pada 2021 menggunakan teknologi sinar X yang sama. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com