The China Town Samarinda Bakal Direvitalisasi Tahun Depan

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun mengatakan revitalisasi Kawasan Pecinan direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Kaitan dengan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bekerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur (Kaltim), menggelar International Design Workshop and Exhibition, guna mewujudkan hasil karya desain Revitalizing The China Town Samarinda.

Hasil karya desain The China Town akan dipamerkan di Atrium Mall Samarinda Central Plaza, Jalan Mulawarman Samarinda, pada Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Agustus 2024.

Tujuan dari revitalisasi kawasan Pecinan ini adalah untuk membangkitkan nilai sejarah yang menyiratkan bagaimana etnis Tionghoa bisa hidup berdampingan secara damai dengan masyarakat Kalimantan, khususnya di Samarinda selama ribuan tahun.

Andi Harun mengatakan bahwa setelah desain selesai dibuat, selanjutnya Pemkot Samarinda akan menyusun Detail Engginering Design (DED) dan direncanakan proyek ini akan berjalan pada tahun 2025 mendatang.

“Kita susun DED-nya dan tahun depan kalau sudah DED siap, (maka) akan dilaksanakan,” kata Andi Harun ketika menjawab pertanyaan wartawan seusai menghadiri International Design Expo The China Town Samarinda, di Atrium Samarinda Central Plaza Samarinda, Sabtu sore (24/8/2024).

 

Diketahui dari berbagai sumber, kawasan The China Town Samarinda nantinya akan meliputi Jalan Yos Sudarso, Jalan Pelabuhan hingga Jalan Mulawarman. Kawasan ini nantinya akan terkoneksi dengan Citra Niaga dan Teras Samarinda.

Cluster yang akan dibangun di China Town Samarinda ini antara lain Pusat Kultur The China Town Samarinda, pemandangan jalanan The China Town Samarinda, fasad kawasan The China Town Samarinda dan Pusat Ekonomi The China Town Samarinda. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com