KPU Samarinda Siap Terima Pendaftaran Paslon

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda telah siap menerima pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, ditetapkan bahwa jadwal pendaftaran Paslon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda dimulai hari Selasa, 27 Agustus 2024 sampai dengan hari Kamis, 29 Agustus 2024.

“Kami siap menerima pendaftaran kapan pun dalam tiga hari ini,” kata Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat di Kantor KPU Kota Samarinda, Jalan Juanda Samarinda, Selasa (27/8/2024).

Firman menambahkan, untuk jadwal pendaftaran 27 Agustus 2024 dan 28 Agustus 2024, dimulai dari pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 16.00 Wita. Selanjutnya pada hari terakhir, 29 Agustus 2024, pendaftaran dimulai dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 23.59 Wita.

Dia dan komisioner KPU Kota Samarinda lainnya berharap agar sebelum melaksanakan pendaftaran, terlebih dahulu ada tim sukses atau Laison Officer (LO) Paslon yang melakukan komunikasi pendahuluan terkait persyaratan berkas persyaratan yang harus dilengkapi dan diinput ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Untuk layanan pendaftaran terkait Silon, kami telah sediakan petugas Helpdesk, yang selalu siap memberikan layanan terkait pendaftaran Paslon,” ujarnya.

Pada saat pendaftaran dilakukan, terang Firman, Paslon harus memenuhi persyaratan berkas surat dukungan dari Partai Politik pengusung, jumlah dukungan yang telah dikonfirmasi melalui surat suara sah serta surat pengantar dari pengurus Partai Politik pengusung.

Semua berkas tersebut, setelah diperiksa lengkap kemudian diinput ke Silon, sehingga dengan demikian saat waktu pendaftar ke KPU kota Samarinda proses penyampaian berkas (secara hardcopy) hanya formalitas.

“Kami ingin memastikan semua berkas administarasi Paslon sudah lengkap dan sesuai, sebelum mereka resmi mendaftar. Dengan begitu, proses pendaftaran bisa berjalan lebih lancar dan cepat,” pumgkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com