Dispora Kaltim Gelar Pelatihan Kecakapan Hidup di Loa Ipuh

TENGGARONG – KELURAHAN Loa Ipuh, Tenggarong, Kutai Kartanegara menjadi daerah ke-8 yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan kecakapan hidup berupa pelatihan tata busana oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan yang dilakukan di aula Kantor Kelurahan Loa Ipuh ini diikuti 48 orang perwakilan per-RT di Loa Ipuh dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang jurusannya berhubungan dengan tekstil, meliputi penjahitan.

Adapun kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 27 hingga 30 Agustus 2024 dan dihadiri langsung Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Mardaretha.

Sebagaimana dikatakan oleh Ada, selaku narasumber dan pemilik dari Rumah Jahit Alda, kegiatan yang diisinya ini diharapkan dapat menyiapkan generasi muda untuk lebih memiliki skill yang dibutuhkan ke depannya.

“Kami mengajak para generasi muda untuk mendalami lagi terkait pembuatan pakaian,” jelasnya ketika ditemui di sela-sela waktu pelatihan diselenggarakan, Kamis (29/08/2024) pagi.

Kegiatan yang diisi oleh pelatihan menjahit ini kata Ada merupakan kesempatan besar yang diberikan oleh Dispora Kaltim dalam mengupayakan kesiapan Sumber Daya Manusia di Kaltim.

“Sekarang kami sedang membuat baju atasan, tergantung peserta mau membuat model seperti apa. Beberapa dari peserta memang ada yang punya usaha jahit, sehingga mereka hanya perlu mendalami saja melalui pelatihan ini,” ujar Ada menambahkan.

Ada, mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) itu juga menghimbau agar dengan adanya kegiatan ini tidak menjadi formalitas sementara saja, namun bisa dilanjutkan setelahnya.

“Jangan sampai kegiatan ini berhenti sampai sini saja, semoga bisa terus dilanjutkan oleh para peserta. Mereka bisa membuka usaha terkait dengan jahit menjahit di rumah mereka sendiri atau mengembangkan potensi mereka lagi,” harapnya.

Untuk diketahui pula, saat ini Ada tengah menjadi Pemuda Pelopor Kalimantan Timur 2024 Bidang Pendidikan. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com