Sumber: Detik

Jokowi Tanggapi Spekulasi Pramono Anung sebagai Cagub DKI: “Anggapan Itu Boleh Saja”

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons sejumlah narasi yang menilai terpilihnya Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk maju di Pilgub Jakarta 2024 adalah untuk menjembatani kembali komunikasi Jokowi dan PDIP. Pramono Anung merupakan kader PDIP yang menjabat sebagai Setkab hampir dua periode kepemimpinan Jokowi. Ia juga menjadi kader yang diusung PDIP maju sebagai calon gubernur Jakarta 2024.

“Boleh saja, anggapan itu boleh saja,” kata Jokowi usai meresmikan gedung pelayanan kesehatan respirasi Ibu dan anak di RS Persahabatan, Jakarta Timur, Jumat (30/08/2024). Saat kembali ditanya kebenaran akan hal itu, Jokowi kembali menjawab bahwa publik boleh beranggapan dan dia tak mempermasalahkan narasi itu. “Loh, anggapan itu boleh saja,” kata dia.

Sementara itu, Politikus PDIP Pramono Anung sebelumnya membantah anggapan publik terkait seluruh calon yang maju di Pilgub Jakarta 2024 merupakan all Jokowi’s man alias orang-orangnya Jokowi. Pramono menyebut keputusan dirinya untuk maju sebagai cagub di Jakarta merupakan keputusan mutlak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang tidak ada sangkut pautnya dengan Presiden Jokowi.

Adapun pada Pilkada Jakarta 2024, PDIP mengusung dua kadernya yaitu Pramono Anung dan Rano Karno. Mereka telah didaftarkan ke KPU pada Rabu (28/08/2024). Mereka akan berhadapan dengan dua pasangan calon lainnya, salah satunya adalah Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Total dukungan untuk pasangan dengan singkatan RIDO itu datang dari 14 partai, yakni Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda dan PKN.

Selain itu, ada paslon dari jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Pramono Anung dan Rano Karno pun telah menyelesaikan tes kesehatan pada Jumat (30/08/2024). Mereka menjadi yang pertama menjalani itu, sesuai dengan urutan yang pertama kali mendaftarkan diri ke KPU.

Sehingga, setelah itu diikuti RK-Suswono pada Sabtu (31/08/2024) dan Dharma-Kun menjadi yang terakhir pada Minggu (01/09/2024). []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com