Peresmian UKM Center, Ini Kata Asisten II Pemkot Samarinda

SAMARINDA – ASISTEN II Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Marnabas menghadiri grand opening sekaligus meresmikan penggunaan Gedung Usaha Kecil Menengah (UKM) Center atau pusat oleh-oleh Samarinda, pada Sabtu (31/08/2024).

Usai acara peresmian UKM Center yang berlokasi di Jalan Hasan Basri No. 56 Samarinda, Marnabas mengatakan sangat mendukung terobosan yang telah dilakukan. Menurutnya, inisitif pembangunan UKM Center telah membantu pemerintah meningkatkan pemasaran produk UKM di Samarinda. Sekaligus dapat memanjakan wisatawan, berbelanja oleh-oleh tanpa berpindah-pindah tempat.

“Ini membantu pemerintah dalam rangka menumbuh kembangkan UKM kita. Memang ini cita-cita pemerintah, ingin ada seperti showroom. Ketika orang datang, belanjanya di satu tempat, dia sudah bisa mendapatkan beberapa produk,” kata Marnabas kepada awak media.

Dia melanjutkan, pihaknya telah membuat program kegiatan yang dapat meningkatkan produksi dan pengemasan produk lebih menarik dari pelaku UKM serta telah meminta hotel di Samarinda untuk dapat menjual produk UKM di dalam kamar hotel mereka.

“Kami sudah memprogramkan untuk pembinaan UKM dan pelatihan disertai dengan pemberian bantuan alat-alat kebutuhan peningkatan produksi. Kemudian yang paling baru ini, saya sudah mengumpulkan hotel-hotel supaya produk-produk UKM dapat masuk ke kamar hotel dengan catatan harganya jangan dinaikan,” ujar mantan Kepala Dinas Perdagangan Samarinda ini.

Dalam kesempatan itu Marnabas berharap, akan ada toko atau gerai lain dengan konsep yang sama, yakni dapat merangkul segala jenis pelaku UKM dengan gedung yang lebih nyaman lagi. Sehingga wisatawan asing dan lokal dapat tertarik untuk berbelanja oleh-oleh dari Samarinda.

“Mudah-mudahan nanti ini akan terus berkembang ke mana-mana, sehingga ada pilihan bagi para turis atau wisatawan lokal yang berkunjung dan orang datang itu, gimana caranya dia lama-lama memilih akhirnya belanja juga,” tutup Marnabas. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com