Standarisasi Guru Al-Qur’an: Upaya Tingkatkan Kualitas Bacaan Santri

TENGGARONG – GUNA meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di kalangan santri, maka pelatihan yang komprehensif bagi para guru menjadi suatu hal yang penting. Karena itulah, Tilawati Education Centre (TEC) Cabang Istimewa Tenggarong menggelar agenda Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati Level 2.

Ketua Panitia Penyelenggara Standarisasi Guru Alqur’an Metode Tilawati Level 2 Muhammad Fadli menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan agar para guru mampu memberikan pengajaran yang lebih berkualitas, sehingga santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah tajwid.

“Kami ingin memastikan bahwa bacaan Al-Qur’an para santri ditingkatkan kualitasnya melalui pengajaran yang sesuai standar. Oleh karena itu, guru-guru Al-Qur’an yang sudah mengajar di level dasar perlu melanjutkan ke level 2 agar pengajaran mereka semakin baik,” kata Muhammad Fadli yang ditemui beritaborneo.com di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Minggu (1/09/2024).

Menurut Fadli, standarisasi tidak hanya fokus pada bacaan Al-Qur’an saja, tetapi juga mencakup materi-materi pendukung lainnya yang akan diintegrasikan dalam pengajaran di kelas.

“Tujuan utama kami adalah memastikan bahwa generasi muda, khususnya anak-anak, mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil, sesuai dengan kaidah tajwid, sehingga mereka dapat menjadi kader penerus yang berkualitas,” tambahnya.

Dia berharap, program standarisasi tersebut dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi pendidikan Al-Qur’an di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan menghasilkan guru-guru yang tidak hanya menguasai bacaan yang benar, tetapi juga mampu menanamkan pemahaman yang mendalam kepada para santri. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com