Integritas Pemerintah Banjarbaru Dinilai KPK, Langkah Menuju Kota Percontohan Antikorupsi

BANJARBARU – Kota Banjarbaru menjadi salah satu daerah observasi percontohan kabupaten/kota antikorupsi di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kota ini dipilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat.

Plh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Friesmount Wongso mengatakan, Banjarbaru menjadi lokasi khusus terakhir observasi KPK. “Syarat menjadi percontohan adalah kepala daerahnya selama 2 sampai 3 tahun terakhir tidak terlibat kasus korupsi, beserta seluruh jajaran termasuk legislatif dan sebagainya,” ujarnya.

Freis mengharapkan kepada seluruh stakeholder di Pemerintahan Kota Banjarbaru menjaga Integritas mencegah perkara tindak pidana korupsi.

Ia menyampaikan, ada 6 komponen dan 19 indikator penilaian untuk menjadi kabupaten kota percontohan antikorupsi. Pemerintah dan seluruh stakeholder diminta dapat saling bersinergi untuk menjaga integritas Kota Banjarbaru sebagai kota antikorupsi.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menyampaikan rasa bangga saat mengetahui daerah yang dipimpinnya menjadi salah satu sampling observasi percontohan kabupaten kota antikorupsi.

“Walau masih dalam tahapan observasi, tentunya ini sudah menjadi suatu kebanggaan bagi kami. Mudah-mudahan Banjarbaru ini benar-benar bisa mewujudkan sebagai kota antikorupsi. Baik melalui tata kelola pemerintahan dan pembangunan sistem yang baik, sehingga ini bisa menekan angka korupsi di Banjarbaru,” ungkapnya.

Aditya mengungkapkan melalui Mal Pelayanan Publik dan sejumlah program yang menekan pertemuan head to head. Banjarbaru nantinya terpilih menjadi percontohan kota antikorupsi.

“Tidak ada persiapan khusus, jadi mengalir saja. Real apa adanya dinilai dan mudah-mudahan bisa menjadi kebanggaan bagi Banjarbaru,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com