Inovasi Pertanian Berkelanjutan: Distanak Gelar Diseminasi Teknologi

TENGGARONG – DINAS Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menyelenggarakan acara tahunan Diseminasi Teknologi Pertanian Kukar 2024, yang berlangsung di Lokasi Ex Tanjung, Tenggarong, Selasa (3/09/2024).

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kukar Akhmad Taufik Hidayat yang menyampaikan pentingnya peran teknologi dalam mendukung peningkatan produktivitas pertanian di daerah.

Diseminasi Teknologi Pertanian Kabupaten Kukar Tahun 2024 mengusung tema “Dengan Diseminasi Teknologi Pertanian Kita Tingkatkan Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian dan Teknologi Tepat Guna Untuk Pelaku Utama Menuju Pertanian Kutai Kartanegara Yang Maju”.

Akhmad Taufik dalam kesempatan itu menekankan, sektor pertanian memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, terutama di tengah tantangan perubahan iklim dan keterbatasan lahan. Teknologi pertanian diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan hasil produksi pertanian.

Menurut dia, diseminasi teknologi pertanian memberikan informasi yang terdiri dari inovasi peralatan pertanian,pupuk organik dan pestisida, benih tanaman unggul serta produk turunan komoditi pangan yang dihasilkan atas pendampingan dari penyuluh.

“Semoga melalui kegiatan ini ada proses transfer ilmu, pengetahuan dan teknologi serta menjadi forum untuk bertukar informasi dan pengalaman diantara pelaku pertanian (petani/praktisi), penyuluh pertanian (PPL), produsen alsintan dan sarana produksi pertanian termasuk tentunya para peneliti. Melalui forum ini ada proses Amati, Tiru dan Modifikasi” pungkas Akhmad Taufik.

 

Acara tersebut juga dihadiri Kepala DKP Kukar Muslik, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar Sutikno, PPL se-Kukar, jajaran Pengurus KTNA Kabupaten Kukar, perwakilan Gapoktan, Poktan, KWT dan Petani Milenial.

Melalui diseminasi ini, Distanak berharap para petani dapat memanfaatkan teknologi secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com