Sinergi Bersama,Bupati Buka Sosialisasi Pemberantasan Korupsi untuk Legislatif dan Eksekutif

TENGGARONG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka acara Sosialisasi Program Pemberantasan Korupsi untuk unsur legislatif dan eksekutif di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Selasa (3/09/2024).

Acara itu menghadirkan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV (Kaltara/Kaltim/Gorontalo/Sulut) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, masing-masing adalah Pemangku Wilayah Kaltim Ismail Hindersah dan Pemangku Wilayah Kaltara/Gorontalo Basuki Haryono sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi antara legislatif dan eksekutif dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Korupsi bukan hanya merugikan negara, tetapi juga menghambat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kita harus berkomitmen untuk memberantasnya bersama-sama,” tegasnya.

 

Acara sosialisasi itu merupakan bagian dari program nasional yang diinisiasi oleh KPK RI dalam rangka meningkatkan kesadaran serta pemahaman para pejabat publik terhadap aturan hukum terkait korupsi. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan memperkuat sistem pengawasan internal di setiap lembaga pemerintahan daerah.

Menurut Edi Damansyah, peningkatan komitmen dengan berbagai pihak, baik di internal maupun eksternal Pemkab Kukar perlu terus ditingkatkan. Komitmen dimaksud, diantaranya membangun komitmen bersama DPRD (berkomitmen untuk menyusun APBD sesuai aturan, tidak merubah rincian kegiatan/paket pokir setelah RKPD ditetapkan dan penandatanganan Pakta Integritas).

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pejabat daerah semakin memahami dan menghindari praktik-praktik korupsi, serta bersama-sama menciptakan pemerintahan yang bersih dan berintegritas. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com