Dinas ESDM Kalteng Gandeng ITB Susun Rencana Reklamasi Lahan Bekas Tambang

PALANGKA RAYA – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) baru-baru ini mendatangkan Tim Ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melaksanakan Kesepakatan Bersama yang ditandatangani antara Gubernur Kalteng dan Rektor ITB.
Tim ahli yang terdiri dari dosen pengampu mata kuliah terkait reklamasi lahan bekas tambang ini akan melakukan penelitian dan menyusun dokumen pengelolaan reklamasi di wilayah Kalteng.
Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng, Vent Christway, menjelaskan bahwa tahap awal melibatkan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit untuk mengumpulkan data sosial dan budaya. “Tim ITB juga akan melakukan survei visual dan foto udara menggunakan drone untuk menilai kondisi lingkungan awal di area izin usaha pertambangan,” ujar Vent, Selasa 3 Agustus 2024.
Vent menambahkan penemuan awal menunjukkan adanya aliran air permukaan di wilayah izin usaha pertambangan yang perlu dikelola dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif bagi masyarakat sekitar.

“Harapannya, air permukaan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti irigasi dan konsumsi, memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas setempat,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com