Semangat Pramuka Bangkit, Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63

TENGGARONG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kukar Edi Damansyah bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-63.

Acara yang berlangsung di Lapangan Objek Wisata Emastri Park Batuah, Kecamatan Loa Janan, Rabu (4/9/2024 ) itu berlangsung khidmat dan meriah, diikuti ratusan anggota Pramuka dari berbagai tingkatan di Kabupten Kukar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kukar Sementara Farida, Sekda Kukar Sunggono, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim Fachruddin Djaprie, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Saka, camat selaku Ketua Mabiran se-Kukar, Ketua Kwarran se-Kukar, para Wakil Ketua Kwarcab Kukar serta para Penegak dan Pandega se-Kabupaten Kukar.

Adapun tema peringatan yaitu “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Kegiatan diawali dengan pemberian penghargaan kepada 23 Kakak-kakak yang berjasa dalam Gerakan Pramuka Kukar.

Dalam amanatnya, Edi Damansyah menekankan pentingnya peran Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, disiplin, dan tangguh. Dia juga mengajak seluruh peserta untuk terus mengamalkan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari serta berkontribusi aktif dalam pembangunan daerah.

“Kita harus bersama-sama menjaga semangat gotong royong dan membangun daerah ini dengan penuh tanggung jawab. Pramuka harus menjadi teladan bagi masyarakat,” ujarnya.

Edi menambahkan Gerakan Pramuka merupakan salah satu organisasi yang menjadi mitra Pemkab Kukar. Organisasi Pramuka dibentuk oleh pemerintah, sangat spesifik karena struktur Pramuka juga diisi oleh para pejabat yang ada distruktur Pemerintah sesuai dengan tingkatannya diberikan mandat.

“Pemerintah Kabupaten Kukar sangat memperhatikan Pramuka, saya harap kinerja dan prestasi yang kita capai sampai saat ini, agar terus dipertahankan dan terus tingkatkan lagi di tahun tahun mendatang,” harapnya.

 

Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang sejarah Gerakan Pramuka, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya dalam mendukung pembangunan di Kutai Kartanegara. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com