Pemkab Kotim Mulai Penanaman Jagung Perdana, Targetkan 390 Hektar Lahan pada 2024

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar tanam jagung perdana di Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean. Kegiatan tersebut upaya pemerintah daerah dalam pengembangan jagung di Kabupaten Kotim tahun 2024 seluas 390 hektar.

“Penanaman perdana jagung ini merupakan langkah awal dalam upaya kita untuk mencapai swasembada pangan di Kotim,” ujar Irawati, Rabu 4 September 2024.

Itu ia sampaikan saat mewakili Bupati Kotim Halikinnor dalam penanaman jagung perdana di Desa Mekar Jaya. Jagung yang ditanam merupakan jagung pakan jenis hibrida.

Irawati menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi jagung di Kotim dan mengurangi ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah.

Pengembangan jagung di Kabupaten Kotim tahun 2024 seluas 390 hektar yang tersebar di 9 kecamatan, yaitu Kecamatan Telaga Antang, Mentaya Hulu, Parenggean, Cempaga Hulu, Baamang, Seranau, Mentawa Baru Ketapang, Mentaya Hilir Utara dan Mentaya Hilir Selatan.

“Kita tentunya sangat bersyukur bahwa Kabupaten Kotim mendapat bantuan sarana produksi seperti benih jagung, pupuk npk, insektisida, herbisida untuk kegiatan pengembangan jagung tahun 2024,” ucapnya.

Lanjutnya, bantuan tersebut berasal dari APBD Kotim, Provinsi Kalteng maupun Kementrian Pertanian dalam rangka menunjang ketersediaan bahan baku pabrik pakan ternak yang berlokasi di Kecamatan Parenggean ini.“Kami berkomitmen untuk terus mendukung para petani dalam mengembangkan usaha pertanian mereka,” tambah Irawati. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com