Penangkapan Mantan Wali Kota Filipina di Indonesia: Diduga Mata-Mata dan Sindikat Kriminal

JAKARTA – Mantan Wali Kota Tarlac, Bamban, Filipina, Alice Guo, ditangkap interpol di Indonesia setelah dituduh menjadi mata-mata China. Otoritas Filipina telah mengejar Alice sejak Juli lalu yang ternyata kabur ke tiga negara yakni Malaysia, Singapura, lalu ke Indonesia.

Otoritas anti-kriminalitas Filipina menuturkan perempuan 34 tahun itu terbang ke Indonesia pada Agustus lalu menggunakan paspor Filipina. Alice ditangkap polisi Indonesia pada Selasa (03/09/2024) sekitar pukul 23.58 WIB di Tangerang.

Siapakah Alice Guo dan kenapa dia menjadi buronan yang sangat dicari Filipina?

Perempuan bernama lengkap Alice Leal Guo merupakan seorang pebisnis dan politikus yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Tarlac, Bamban, pada Juni 2022-Agustus 2024.

Pada Juni 2024, perempuan yang memiliki nama China Guo Hua Ping itu diskors sebagai wali kota oleh Ombudsman Filipina, setelah Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah melayangkan tuduhan gratifikasi terhadapnya.

Kemendagri Filipina menuding Alice terlibat dengan sindikat kriminal China. Perempuan yang memiliki dwi kewarganegaraan Filipina dan China ini diduga terlibat Philippine Offshore Gaming Operator (POGO) di daerahnya.

Filipina menuding Alice dan rekan-rekan konspiratornya melakukan pencucian uang sebesar lebih dari 100 juta peso hasil kegiatan kriminal.

Ombudsman pun memecat Alice sebagai wali kota pada 13 Agustus 2024.

Alice mengaku dirinya lahir di Matatalaib, Tarlac, pada 31 Agustus 1990. Sebelumnya, dia diyakini lahir pada 12 Juli 1986.

Biro Investigasi Nasional (NBI) bahkan mengungkap bahwa ada tiga individu bernama Alice Leal Guo yang semuanya lahir pada 12 Juli 1986. Satu dari tiga individu ini memiliki perawakan yang berbeda dengan Alice.

Sementara itu, dokumen pendaftaran Visa Residen Investor Khusus (SIRV) mencatat bahwa tempat kelahiran Alice adalah Fujian, China.

Latar belakang Alice dan keluarga pun misterius lantaran banyak ketidakjelasan.

Tidak banyak yang diketahui tentang latar belakang Alice Guo.

Ini merupakan hal yang tidak biasa di pedesaan Filipina. Nama keluarganya, Guo, juga tidak termasuk di antara nama keluarga umum orang Filipina dengan garis keturunan Tionghoa. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com