Sumber: berita satu

Dinas Perikanan Tarakan Salurkan Dana Rp 5 Miliar untuk Dukung Nelayan dan Pembudidaya

TARAKAN – Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tarakan mengucurkan dana Rp 5 miliar untuk para nelayan tangkap, pembudidaya rumput laut dan nelayan tambak. Pemberian bantuan tersebut merupakan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tarakan, Drs. Ardiansyah menuturkan pihaknya menggunakan anggaran tersebut untuk keperluan nelayan dan pembudidaya. “Kalau untuk yang ini semuanya bersumber dari dana alokasi khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan. Total nilainya Rp 5 miliar. Untuk bibit dan sarana dan prasarana serta semacam bedah unit pengolahan ikan,” ujarnya Rabu (04/09/2024).

Ia menjelaskan pihaknya telah memberikan bantuan sebelumnya kepada nelayan tambak yaitu bibit kepiting berjumlah kurang lebih 6 ribu, bibit udang sebanyak kurang lebih 5 ribu dan ikan lele 23 ribu ekor.

Sedangkan untuk petani rumput laut, pihaknya juga memberikan berupa bibit, sarana dan prasarana. “Kita ada bagikan termasuk benih rumput laut dengan tali pelampung dan sebagainya Jadi cukup banyak memang yang kita serahkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Untuk nelayan tangkap kita ada beri bantuan berupa mesin, cool box, aki dan lainnya Kita berikan bantuan dalam bentuk kelompok tidak orang perorangan tergantung jumlahnya. Untuk dana alokasi khusus hanya dua tahun sekali, kita dapatkan ini kan 2024 nanti 2006 lagi,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com