MA Terima Permohonan Kasasi Jaksa Atas Vonis Bebas Ronald Tannur

SURABAYA – Mahkamah Agung (MA) mulai memproses permohonan kasasi yang diajukan oleh jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Surabaya mengenai putusan bebas terdakwa Gregorius Ronald Tannur. “Berdasarkan info dari kepaniteraan MA, permohonan kasasi penuntut umum atas putusan Pengadilan Negeri Surabaya untuk terdakwa Ronald Tannur telah diregister dengan Nomor Register: 1466/K/Pid/2024,” ujar Juru Bicara MA Suharto melalui keterangan tertulis, Jumat (06/09/2024).

Suharto menambahkan untuk selanjutnya perkara kasasi tersebut akan berjalan sesuai dengan proses bisnis di MA. Adapun proses bisnis berikutnya adalah usul edar ke Ketua MA. “Dan selanjutnya penentuan kamar, kemudian ketua kamar mendistribusikan ke majelis hakim dan selanjutnya majelis mempelajari berkas dan penetapan hari sidang atau phs,” tutur Suharto.

Sebelumnya, Majelis Hakim PN Surabaya menjatuhkan vonis bebas terhadap Ronald Tannur atas kasus dugaan penganiayaan yang menyebabkan kematian seseorang. Menurut hakim, kematian Dini Sera Afriyanti (29) disebabkan oleh penyakit lain akibat meminum minuman beralkohol, bukan karena luka dalam atas dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Ronald Tannur.

Perkara nomor: 454/Pid.B/2024/PN Sby dengan klasifikasi kejahatan terhadap nyawa ini diadili oleh Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik dengan hakim anggota Mangapul dan Heru Hanindyo. Putusan dibacakan pada Rabu (24/7) dalam persidangan yang terbuka untuk umum.

Komisi Yudisial (KY) telah merekomendasikan sanksi berat berupa pemberhentian tetap dengan hak pensiun terhadap Erintuah Damanik dkk. KY meminta MA segera menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) untuk menindaklanjuti rekomendasi dimaksud. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com