Peziarah Indonesia Berbondong-Bondong ke Timor Leste untuk Sambut Paus Fransiskus

JAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik seluruh dunia Paus Fransiskus melanjutkan perjalanan apostolik ke Timor Leste besok, Senin (09/09/2024). Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana Dimyati memperkirakan sekitar 1.000 warga negara Indonesia (WNI) akan mengunjungi ibu kota Timor Leste, Dili untuk menyapa Paus Fransiskus.

Indra menyebut para peziarah akan melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain ke Timor Leste mulai Sabtu (07/09/2024) hingga hari ini, Minggu (08/09/2024). “Kami prediksi jumlah pelintas yang menghadiri Misa Suci Paus Fransiskus di Dili Timor Leste mencapai 1.000 orang,” kata Indra, dikutip Antara, Jumat (06/09/2024).

Dia memperkirakan dua hari ini menjadi puncak kunjungan WNI ke Timor Leste. Indra juga menyebut Imigrasi Atambua siap melayani peziarah yang ingin menyeberang ke negara tetangga RI itu. Imigrasi, lanjut dia, telah mengerahkan sekitar 80 personel. Mereka sudah bersiaga mulai Jumat hingga 12 September mendatang.

Paus Fransiskus akan terbang ke Timor Leste pada 9 September. Dia akan berada di sana hingga 11 September 2024. Selama di Timor Leste, Paus bakal bertemu anak-anak disabilitas, uskup agung dan tokoh agama, hingga menghadiri misa kudus di Dili.

Saat ini, Paus masih berada di Papua Nugini. Di sana, pemimpin Katolik itu juga bertemu tokoh agama, anak-anak, dan menghadiri misa kudus. Sebelum di Papua Nugini, Paus sempat berada di Indonesia pada 3-6 September. Di negara ini, dia mengaku gembira karena keramahan warga dan bertemu banyak anak-anak. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com