Tak Kuat Tanggung Beban Hidup, Seorang Pemuda Coba Bundir, MauTerjun dari Jembatan Kukar

TENGGARONG – INSIDEN percobaan bunuh diri (bundir) kembali terjadi di Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar), Kecamatan Tenggarong, Rabu (11/09/2024) sekitar pukul 11.00 Wita.

Diketahui, aksi nekat itu dilakukan seorang pria berusia 24 tahun bernama Moch Kodrat Illahi, warga Jalan Jalur Dua Tenggarong-Samarinda. Dia melakukan percobaan bunuh diri akibat tekanan psikologis dan masalah pribadi.

Menurut keterangan Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar Rasyidi, korban melakukan aksi nekat tersebut akibat merasa putus asa setelah kehilangan ibunya dua tahun lalu dan berencana menyusulnya dengan mengakhiri hidup.

Sebelum insiden terjadi, korban menuju jembatan menggunakan sepeda motor matic dan meninggalkan motornya di pinggir jembatan. Ia kemudian berdiri di tepi pagar dengan niat melompat ke Sungai Mahakam.

Beruntung, sejumlah warga yang melintas di sekitar lokasi cepat bertindak dan berhasil mencegah korban melompat.

Unit pengawasan dan ketertiban (Wasdal/Trantib) Satpol PP segera menerima laporan dari warga dan langsung menuju lokasi untuk melakukan pengamanan. Setelah diamankan, korban dibawa ke Kantor Satpol PP untuk dimintai keterangan.

Dalam interogasi, korban mengaku merasa lelah dengan pekerjaannya dan mengalami kesedihan mendalam akibat kematian ibunya. Faktor itu ditambah dengan tekanan hidup lainnya yang membuatnya mengambil keputusan nekat tersebut.

Lebih lanjut, Satpol PP bekerja sama dengan psikolog dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kukar untuk memberikan konseling. Setelah mendapatkan dukungan psikologis dan situasi lebih terkendali, korban diantar kembali ke keluarganya dalam kondisi yang lebih stabil. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com