Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Bagi Anak-Anak Binaan

TENGGARONG – MENYADARI betapa pentingnya pemahaman kesadaran berbangsa dan bernegara guna memupuk rasa cinta tanah air sejak dini, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tenggarong menjalin sinergitas bersama Koramil 0906 Tenggarong untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak binaan LPKA Tenggarong.

Kepala LPKA Tenggarong Husni Thamrin mengatakan, kesadaran berbangsa dan bernegara, mempunyai makna bahwa setiap individu hidup dan terikat di dalam kaidah serta naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus mempunyai sikap serta perilaku diri yang tumbuh dari kemauan yang dilandasi dengan keikhlasan bertindak, demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia,” kata Husni Thamrin usai menyampaikan pemaparannya dalam kegiatan Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Anak Binaan LPKA Tenggarong di Aula LPKA Tenggarong, Jalan Imam Bonjol, Melayu, Jum’at (13/09/2024).

Dia menjelaskan, pembinaan yang dilakukan tersebut tidak hanya berfokus pada penyampaian materi tentang sejarah bangsa dan juga wawasan kebangsaan semata. Namun juga melibatkan aktivitas interaktif yang membuat anak-anak lebih mudah memahami esensi dari nasionalisme.

“Kita tidak hanya berfokus pada materi yang disampaikan saja. Tetapi juga, melalui diskusi serta simulasi sederhana yang dilakukan. Tujuannya agar anak-anak binaan, lebih mudah memahami tentang materi yang disampaikan,” jelasnya.

Dengan diadakannya kegiatan itu dia berharap, anak-anak binaan dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang kesadaran berbangsa dan bernegara. “Dan juga, dapat memupuk rasa cinta tanah air, di dalam diri anak binaan masing-masing,” pungkasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com