Program Sekolah Penggerak: Enam Sekolah di Kotim Fokus Tingkatkan Literasi dan Karakter

SAMPIT – Kabid GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur Edie Sucipto menyampaikan, sebanyak 6 sekolah di Kotim mengikuti lokakarya sekolah penggerak yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kotim.

“Yaitu lokakarya pembelajaran dan asesmen program sekolah penggerak angkatan 3 tahun kedua, di mana ada 6 sekolah penggerak yang mengikuti kegiatan ini yakni tiga sekolah dari jenjang TK, 2 sekolah dari SMP dan satu sekolah dari SD,”ujarnya, Jumat 13 September 2024. Lanjutnya, masing-masing sekolah mengutus satu kepala sekolah dan dua guru serta satu pengawas pembina. Kegiatanmu sendiri dilakukan hanya satu hari dan ada pendampingan langsung oleh fasilitator masing-masing.

“Program ini berbeda dengan program guru penggerak, yang mana program sekolah penggerak saat ini sudah memasuki episode ke-7 dari program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek),”bebernya.

Output dari kegiatan ini sendiri lanjutnya, agar terciptanya transformasi pendidikan yang meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik secara holistik baik itu kognitif yaitu literasi dan numerasi maupun non kognitif yaitu karakter.

“Program ini boleh diikuti huru apa saja tidak hanya guru penggerak. Dan program sekolah penggerak ini sampai 3 tahun yang mana sekarang sudah memasuki angkatan ketiga tahun kedua. Pada angkatan kedua lalu kita memiliki 38 sekolah yang sudah memasuki tahun ketiga,”bebernya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com