Wabup Kukar Launching CFD Kecamatan Muara Jawa

MUARA JAWA – Pemerintah Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi meluncurkan program Car Free Day (CFD) pada Minggu (15/9/2024).

Acara itu berlangsung meriah dengan antusiasme tinggi dari masyarakat setempat. Dihadiri ratusan warga, acara peresmian CFD tersebut bertujuan mendorong gaya hidup sehat serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya udara bersih di wilayah Kecamatan Muara Jawa.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin dalam sambutannya menyampaikan, program Car Free Day diinisiasi guna mengurangi polusi udara dan memberikan ruang bagi masyarakat untuk berolahraga di area publik tanpa gangguan kendaraan bermotor.

“Ini adalah upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Dengan Car Free Day, kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan udara dan lingkungan,” katanya.

 

Rangkaian acara dimulai sejak pukul 06.00 Wita dengan berbagai aktivitas menarik, seperti jalan santai, zumba, pembagian doorprize, dan hiburan lainnya. Di sepanjang jalan utama yang menjadi lokasi CFD, para pedagang lokal juga memanfaatkan momen ini untuk menjajakan aneka kuliner khas Muara Jawa, dan hasil kerajinan tangan yang menambah semarak suasana.

Acara Car Free Day itu akan dilaksanakan setiap hari Minggu pagi di sepanjang Jalan Raya Muara Jawa. Warga diimbau untuk memanfaatkan momen tersebut, baik untuk berolahraga maupun sekedar menikmati suasana pagi tanpa hiruk pikuk kendaraan bermotor.

“Ini bukan hanya soal hari tanpa kendaraan, tapi soal bagaimana kita bisa bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap asri dan nyaman untuk ditinggali,” tambah Rendi.

Melalui program ini, Kecamatan Muara Jawa berharap dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com