Pengamanan Pilkada 2024: Satgas K-9 Polda Kaltim Patroli di Sekitar KPU Balikpapan

BALIKPAPAN – Satgas Preventif PolSatwa K-9 Dit Samapta Polda Kalimantan Timur melaksanakan patroli intensif di Posko Pengamanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan. Patroli ini merupakan bagian dari upaya pengamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan berlangsung serentak pada November mendatang, Senin (16/09/2024).

Patroli rutin yang melibatkan Unit K-9 bertujuan memastikan keamanan dan kondusifitas di sekitar area KPU, mengantisipasi potensi ancaman yang dapat mengganggu jalannya proses pemilu. Dengan menggunakan anjing pelacak terlatih, tim K-9 menyisir area untuk mendeteksi adanya benda berbahaya atau mencurigakan yang bisa mengancam kelancaran Pilkada.

Salah satu personel Satgas K-9 Dit Samapta Polda Kaltim menjelaskan, “Patroli di titik-titik strategis seperti kantor KPU merupakan langkah penting untuk menjamin stabilitas keamanan menjelang pemilu. Kondusifitas ini menjadi prioritas utama kami.”

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto, SH, SIK, MSi, turut menyatakan apresiasinya atas pengamanan ini. “Tindakan Satgas K-9 menjadi bagian penting dalam menjaga integritas Pilkada, serta memastikan aparat tetap netral dalam menjaga jalannya pemilu,” katanya.

Ipda Sangidun, Kasi Humas Polresta Balikpapan, menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi berbagai pihak dalam menjaga keamanan selama Pilkada. “Kami akan terus mengadakan patroli di lokasi-lokasi strategis untuk memastikan semua proses berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Dengan hasil patroli yang berjalan lancar tanpa menemukan ancaman, pihak penyelenggara dan masyarakat Balikpapan dapat merasa lebih aman dalam menghadapi Pilkada 2024. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com