Berharap Tenaga Pendidik Dapat Bantu Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilih

SAMARINDA – BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Samarinda mengelar sosialisasi pendidikan politik bagi guru di wilayah Kecamatan Samarinda Utara, yang dilaksanakan di Hotel Puri Senyiur, Jalan Ruhui Rahayu No 1, Samarinda, Rabu (18/09/2024).

Sosialisasi yang dihadiri 150 orang guru berasal dari perwakilan guru-guru yang ada di wilayah Samarinda Utara itu mengangkat tema “Meningkatkan Partisipasi Tenaga Pendidik Dalam Mensukseskan Pilkada 2024”.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kesbangpol Samarinda Muchamad Arif Surahman usai membuka sosialisasi itu berharap, angka partisipasi masyarakat Samarinda untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memberikan hak suaranya akan meningkat dari Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar pada Februari  2024 lalu.

“Sosialisasi ini kami berharap bahwa tingkat partisipasi masyarakat kota Samarinda nanti semakin meningkat pada Pilkada 2024 ini. Kemarin sudah diangka 78 persen pada pemilu bulan Februari lalu, jadi nanti ada peningkatan pada Pilkada kali ini,” ujar Arif.

 

Dia mengungkapkan, kali ini sosialisasi menyasar pada tenaga pendidik yang memiliki tujuan supaya menyampaikan pesan berantai kepada warga yang ada di dekat tempat mengajar atau tempat tinggal masing-masing sepulang dari sosialisasi ini.

“Kami undang guru-guru bertujuan melalui figur guru nanti yang mengedukasi masyarakat di lingkungan mereka dan nanti bisa membagikan informasi yang didapat dari para narasumber yang telah dihadirkan,” ungkapnya.

Dilanjutkan Arif, pihaknya menghadirkan tiga orang narasumber. Ada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Samarinda dan pengamat politik dari akademisi di Samarinda. “Hari ini yang hadir narasumber lengkap dari Bawaslu, ada KPU, Kemudian dari pengamat  politik,” tutup Arif. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com