Bupati Kukar Apresiasi Gerakan Etam Mengaji di Lapas Tenggarong

TENGGARONG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri kegiatan pembukaan Gerakan Etam Mengaji (GEMA) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong. Kegiatan yang digelar di Masjid Taubatan Nasuha, Kantor Lapas Tenggarong, Jum’at (20/09/2024) itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembinaan spiritual bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

GEMA sendiri merupakan kegiatan terencana yang bertujuan untuk membangun kebiasaan dan budaya membaca Al-Qur’an bagi kaum muslim di Kabupaten Kukar. Kegiatan tersebut menjadi salah satu program unggulan yang dicanangkan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui program dedikasi Kukar Idaman.

Selain Bupati Kukar Edi Damansyah, tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono, Kepala Lapas Tenggarong Suparman bersama jajarannya, perwakilan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kukar, pengurus Muhammadiyah Kukar, dan Baznas Kukar.

Acara dimulai dengan penyampaian laporan yang disampaikan oleh Kalapas Tenggarong Suparman, terkait dengan kegiatan pembinaan yang ada di Lapas Tenggarong.

“Sebenarnya, kegiatan pembinaan keagamaan telah ada dan diadakan di Lapas Tenggarong. Namun, memang masih terbatas pengajarannya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Kukar. Termasuk bantuan yang telah diberikan guna menunjang kegiatan pembinaan keagamaan di dalam Lapas.

“Kami sangat berterima kasih dengan bantuan yang telah diberikan kepada kami, semoga dukungan yang diberikan dapat semakin meningkatkan kualitas program pembinaan di Lapas Tenggarong,” tuturnya.

 

Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi Gerakan Etam Mengaji di Lapas Tenggarong. Dia mengaku, merasakan suasana kebatinan yang begitu haru dalam acara tersebut.

“Saya tidak menyangka akan sambutan yang diberikan, saya merasakan kebatinan yang begitu haru bagi saya,” jelasnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program pembinaan di Lapas Tenggarong, Bupati Kukar menyerahkan bantuan berupa Al-Qur’an beserta dengan peralatan olahraga yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan WBP.

Edi berharap, bantuan tersebut diharapkan dapat semakin memotivasi para WBP untuk terus belajar serta memperdalam ilmu agama. Dalam kesempatan itu, dia juga menekankan tentang pentingnya nilai-nilai agama dalam membentuk karakter dari seseorang.

“Agama adalah pondasi utama bagi setiap individu, dengan memperkuat iman, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, dan juga bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com