Expo Erau 2024: Dorong Kreativitas dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

TENGGARONG – EXPO Erau 2024 resmi dibuka hari ini, Sabtu (21/09/2024) di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Thauhid Afrilian Noor menegaskan, acara yang akan berlangsung hingga 29 September mendatang, tidak hanya menarik minat masyarakat lokal, tetapi juga diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kukar.

Selama satu minggu penuh, Expo Erau 2024 akan dipenuhi dengan berbagai kegiatan seni dan budaya yang menampilkan seniman lokal serta berbagai acara menarik. Setiap malam, pertunjukan budaya akan digelar di museum lokal, diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung dari berbagai kalangan.

“Antusiasme masyarakat terhadap ERAU selalu tinggi setiap tahunnya. Jika tidak diadakan, mereka pasti akan bertanya-tanya,” ujar Thauhid kepada beritaborneo.com di sela kunjungannya ke Expo Erau 2024.

Sebagai upaya pelestarian budaya, anak-anak dan siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai SD hingga SMA, turut dilibatkan dalam acara itu. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan tari tradisional dan seni lainnya, dengan harapan generasi muda dapat mencintai dan memahami budaya mereka sejak dini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berharap, Expo Erau dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Terutama para pedagang dan pelaku usaha mikro yang dapat memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Expo Erau 2024 juga merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya lokal yang terus dijaga, terutama di tengah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di wilayah terdekat. “Kami berharap budaya Erau dapat terus dilestarikan dan dikenalkan lebih luas, baik kepada generasi muda maupun masyarakat luar,” tutup Kepala Disdik Kukar. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com