Lomba Ketinting Meriahkan Rangkaian Acara Erau 2024 di Kukar

TENGGARONG – MENYAMBUT peringatan Hari Perhubungan Nasional 2024 sekaligus meriahkan perhelatan Pesta Adat Erau 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Open Race Balap Ketinting yang dipusatkan di Pelabuhan Pulau Kumala, Tenggarong, mulai Sabtu hingga Minggu, 21 dan 22 September 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kukar Ahmad Junaidi mengatakan, tujuan utama lomba tersebut adalah sebagai bentuk hiburan untuk memeriahkan acara tahunan Erau, sekaligus meningkatkan semangat para peserta.

“Harapan saya, kegiatan ini bisa lebih ramai lagi, terutama dengan semakin banyaknya peserta muda yang ikut serta,” ujarnya pada beritaborneo.com usai acara penyerahan hadiah selesai, di Pelabuhan Pulau Kumala, Tenggarong, Minggu (22/09/2024).

Dia mengakui, jalannya lomba itu cukup menegangkan, namun berkat pengalaman para peserta, acara dapat berjalan dengan lancar. Junaidi pun menegaskan agar para peserta dapat memperhatikan keselematan.

“Prioritaskan keselamatan, baik dalam pelaksanaan lomba maupun dalam aktivitas sehari-hari, terutama di jalur transportasi sungai,” tegasnya.

Lomba Ketinting yang digelar dalam rangkaian Erau ini berhasil menarik perhatian masyarakat, meskipun sempat menyebabkan kemacetan di sekitar lokasi. Namun, antusiasme warga sepanjang turap menjadi bukti bahwa acara ini telah menjadi salah satu daya tarik utama perayaan Erau tahun ini.

Junaidi berharap kecamatan-kecamatan lain bisa turut aktif dalam menggelar lomba, sehingga pemenangnya dapat bersaing di puncak acara Erau. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com