Pemenang Kejuaran Pencak Silat Piala Gubernur Bakal Dikirim ke Ajang Nasional dan Internasional

SAMARINDA – PENGURUS Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen untuk mengikutsertakan pemenang Kejuaraan Pencak Silat Piala Gubernur Kaltim 2024 dalam kejuaraan tingkat nasional dan internasional mendatang. Langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk memberikan pengalaman kompetisi yang lebih luas bagi atlet.

Wakil Ketua Umum IPSI Kaltim H Muslimin menyatakan, terdapat 20 ribu atlet pencak silat di Samarinda yang berada di bawah naungan Pengprov IPSI Kaltim yang kemudian terpilih beberapa untuk mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan mulai tanggal 25-29 September 2024 ini.

“Kita ini kan punya 22 perguruan dan selalu kita bina melalui banyak kejuaraan. Setelah dilakukan penjaringan, kita dapat atletnya dan akan kami ikutkan di event nasional bahkan internasional,” jelasnya, Rabu (25/09/2024).

Muslimin percaya bahwa pemenang kejuaraan itu memiliki potensi besar untuk bersaing di level yang lebih tinggi. Dengan mengikutsertakan mereka di ajang nasional dan internasional, Muslimin berharap dapat meningkatkan prestasi dan eksposur pencak silat di Kaltim.

“Jadi hasil event kejuaraan pada hari ini menjadi bagian terpenting pada proses pembinaan. Misalnya, tahun depan ada Pornas di Kendari, nah itu akan kita ikut sertakan juga,” tambahnya.

Untuk diketahui, Kejuaraan Open Tournament Pencak Silat Piala Gubernur Kaltim yang berlangsung di Gedung Pencak Silat Folder Air Hitam diikuti oleh ratusan atlet dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

Dengan langkah ini, IPSI Kaltim berharap dapat mencetak atlet pencak silat yang tidak hanya berprestasi di dalam negeri, tetapi juga di kancah internasional. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus PS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com