Pjs Bupati Kukar Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

TENGGARONG – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Timbau, Tenggarong, Selasa (01/10/2024)

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar Bambang Arwanto yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan ikrar dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI).

“Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini, menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI, pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah terjadi banyak rongrongan, baik dari dalam negeri, maupun dari luar negeri, terhadap NKRI,” katanya.

Menurut dia, rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,

Karena itu katanya, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi dengan nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, serta keadilan, demi keutuhan NKRI,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto juga menyampaikan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan momentum untuk merefleksikan diri, tentang nilai-nilai yang membuat bangsa ini tetap teguh dan bersatu.

“Karena dengan Pancasila, kita belajar untuk menghargai perbedaan dan bersatu demi keutuhan NKRI,” ujarnya.

Kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemkab Kukar dihadiri berbagai unsur, diantaranya Dandim 0906/Kkr, Polres Kukar, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Kukar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), serta pihak-pihak terkait lainnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com