Dandim 0906/Kkr: Sasaran TMMD ke-122, Fisik dan Non-fisik

TENGGARONG SEBERANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali digelar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tepatnya di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Kegiatan TMMD yang ke-122 itu dibuka melalui upacara yang dipimpin Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar Bambang Arwanto, Rabu, (02/10/2024). TMMD kali ini mengusung tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah”.

Komandan Kodim (Dandim) 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan usai upacara mengungkapkan, TMMD ke-122 tersebut melibatkan 150 personil, terdiri dari 133 personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan 37 personil dari Kepolisian Resor (Polres) Kukar.

Dia menjelaskan, ada dua sasaran yang hendak dicapai dalam TMMD tersebut. Yakni sasaran fisik dan non-fisik. Sasaran fisik berupa program ketahanan pangan, yang telah terlaksana sebelumnya.

“Yaitu berupa pembangunan jalan usaha tani, dengan total 3.200 Meter, pembangunan jembatan penghubung pertanian sebanyak 12 unit, pembangunan gorong-gorong empat unit, serta pembangunan bendungan air,” jelasnya lagi.

 

Tidak hanya itu, sasaran fisik tambahan lainnya diantaranya adalah berupa perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), pembuatan sumur bor untuk warga masyarakat, serta pembuatan sumur pertanian yang tersebar di wilayah pertanian di Desa Kerta Buana.

“Untuk sasaran non fisiknya berupa penyuluhan kesehatan terkait dengan pola hidup sehat, bahaya narkoba, peningkatan gizi, dan juga penyuluhan pertanian, serta peternakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pertanian modern dan produktivitas lahan,” tutur Letkol Czi Damai Adi Setiawan. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com