Pjs Bupati Kukar Apresiasi Pelaksanaan TMMD ke-122

TENGGARONG SEBERANG – PENJABAT Sementara (Pjs) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Bambang Arwanto pimpin Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang, Rabu (02/10/2024).

Pembukaan TMMD ke-122 yang mengusung tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah” itu dihadiri oleh berbagai pihak, diantaranya Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan, Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perangkat daerah, camat, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan penyematan pita, serta penyerahan peralatan kerja kepada perwakilan petugas di lapangan secara simbolik. Kemudian, dilaksanakan juga penandatanganan kesepakatan berupa Memorandum of Understanding (MOU) yang dilakukan oleh Pjs Bupati Kukar bersama dengan Dandim 0906/Kkr.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto mengapresiasi kegiatan TMMD yang digelar oleh Kodim 0906/Kkr. Menurut Bambang, Kecamatan Tenggarong Seberang merupakan salah satu prioritas sebagai lumbung pangan.

“Tentunya dukungan serta kerjasama ini sangat membantu, khususnya di wilayah Kukar untuk tetap menjadi lumbung pangan Kalimantan Timur (Kaltim). Karena, kita ketahui bersama bahwa Kukar termasuk wilayah penyangga pangan Ibu Kota Nusantara (IKN),” jelasnya.

Dia mengatakan, kerjasama tersebut merupakan hal yang sangat positif. Karena di dalamnya terjalin sinergitas antara TNI bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, dan juga masyarakat.

“TMMD merupakan wujud nyata dari sinergitas yang terjalin antara TNI, Pemkab Kukar, dan juga masyarakat. Dalam rangka membangun serta memperkuat insfratruktur desa, termasuk infrastruktur pertanian,” jelasnya lagi.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan melalui TMMD, diantaranya adalah berupa pembangunan jalan usaha tani, pembangunan gorong-gorong, pembangunan jembatan  penghubung pertanian, pembuatan sumur bor, dan lain sebagainya.

 

Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat dapat merawat hasil-hasil pembangunan dari TMMD. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Pemkab Kukar kata dia, berkomitmen untuk selalu mendukung program-program pembangunan pertanian. Sebab, hal ini juga tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Di mana program pembangunan pertanian, merupakan salah satu prioritas serta program unggulan yang dimiliki oleh Pemkab Kukar,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com