Tingkatkan Pelayanan Publik, Pj Bupati PPU Kunjungi Pemkot Yogyakarta

YOGYAKARTA – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terkait pembangunan kota cerdas dengan replikasi aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Kunjungan Pj Bupati PPU tersebut diterima Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto di Kantor Wali Kota Yogyakarta, Rabu (2/10/2024).

Dalam pertemuan itu Zainal Arifin menjelaskan, kunjungannya bertujuan untuk mereplikasi layanan JSS yang disesuaikan dengan kondisi di Kabupaten PPU, sehingga masyarakat PPU dapat memperoleh layanan terpadu satu pintu.

Hal ini, sambung dia, diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik yang lebih efektif dan efisien.

“Adanya aplikasi satu pintu diharapkan mampu mengintegrasikan semua layanan publik yang dimiliki pemerintah, sehingga tidak perlu membuat banyak aplikasi yang justru akan membebani anggaran,” ungkapnya.

 

Ia juga menambahkan, dengan adanya pembelajaran tersebut diharapkan pihaknya dapat menerapkan transformasi digital di Kabupaten PPU.

“Melalui pembelajaran ini kami berharap dapat menerapkan transformasi digital di Kabupaten PPU,” ujarnya.

Sementara Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pemkab PPU. Ia berharap Pemkot Yogyakarta juga dapat memetik pelajaran dari keunggulan yang dimiliki Pemkab PPU.

Lebih lanjut, Sugeng menyatakan bahwa Pemkot Yogyakarta saat ini cukup siap menghadapi perubahan teknologi digital.

“Kami berusaha untuk mengikuti tuntutan zaman dan tuntutan kinerja yang semakin menekankan pada efektivitas, efisiensi, kecepatan, ketepatan, dan akuntabilitas. Salah satu jawabannya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung tugas-tugas di Kota Yogyakarta,” jelasnya.

 

Diketahui, aplikasi JSS telah menyediakan lebih dari 240 layanan publik dalam satu platform. Layanan itu mencakup berbagai kebutuhan warga, seperti pembuatan KTP, SIM, pembayaran pajak, pengaduan masyarakat, dan layanan sosial lainnya.

Ke depan, Pemkab PPU berencana menindaklanjuti pertemuan itu dengan menyiapkan perjanjian kerja sama yang meliputi layanan sesuai kebutuhan Kabupaten PPU. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com