Bahas Masterplan Pulau Kumala, Kemenpar-Ekraf Gelar FGD di Tenggarong

TENGGARONG – DIREKTORAT Pengembangan Destinasi II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar-Ekraf)menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pembahasan laporan akhir Masterplan Destinasi Wisata (DTW) Pulau Kumala. Kegiatan itu digelar di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, pada Jumat (4/10/2024).

Acara tersebut dihadiri berbagai pihak terkait, termasuk Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Bambang Arwanto, serta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sugiarto.

Dalam FGD itu, para peserta membahas secara mendalam rencana pengembangan dan revitalisasi DTW Pulau Kumala yang diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Kukar.

Direktur Pengembangan Destinasi II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa tujuan dari masterplan ini adalah untuk menciptakan destinasi yang berkelanjutan, dengan memperhatikan aspek lingkungan, budaya, dan ekonomi lokal.

“Kami berharap rencana ini dapat meningkatkan daya tarik wisata Pulau Kumala, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

 

Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto menyampaikan apresiasi terhadap upaya Kementerian Pariwisata dalam mendukung pengembangan pariwisata di daerahnya. Ia juga menegaskan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk mewujudkan masterplan ini.

Dengan masterplan yang telah dirancang, Pulau Kumala diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tetapi juga internasional, serta berperan dalam mendukung target pembangunan pariwisata nasional. []

Penulis : Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com