news.detik.com

Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024: KPU DKI Siap Melakukan Perbaikan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan mengevaluasi penyelenggaraan debat pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 yang telah diselenggarakan pada Minggu (6/1/24). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan pihaknya akan meminta masukan dari ketiga pasangan calon yang bertanding. “Yang pasti tiap tahapan ada proses evaluasi, satu dua hari ke depan kami akan menghubungi tim pasangan calon (paslon) agar dapat input dari proses yang ada supaya ada perbaikan di debat kedua dan ketiga,” kata Wahyu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dikutip dari media, Senin (7/10/24). Wahyu pun mengucapkan terima kasih kepada tim paslon, tamu undangan, dan massa yang hadir sudah kooperatif dan mematuhi aturan yang ada.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta Astri Megatari menyebutkan debat pertama kemarin bukan hal yang mudah. Sebab, debat diselenggarakan di seluruh provinsi yang mengikuti Pilkada 2024. “Debat pertama ini nggak mudah. Ini debat pertama kali diselenggarakan di seluruh provinsi dalam konteks pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” ujarnya.

Astri menyadari pada penyelenggaraan debat masih banyak kekurangan. Karena itu, KPU DKI Jakarta akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar debat selanjutnya bisa memberikan warna yang berbeda dari debat pada Minggu malam. “Kami sadari ni debat pertama, jadi banyak ruang-ruang kami yang untuk berkembang sehingga debat kedua dan ketiga selanjutnya mungkin ada konsep baru yang bisa kami hadirkan. Jadi warnanya akan berbeda dengan debat pertama,” ujar dia.

Debat perdana Pilgub Jakarta 2024 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam. Ketiga paslon yang bertanding yaitu Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel). Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”. KPU DKI Jakarta telah menjadwalkan debat berikutnya yaitu pada 27 Oktober dan 17 November 2024. []

Redaksi09

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com