Pj Bupati Zainal Arifin Ajak Kaum Muslim Benua Taka Aktifkan Shalat Subuh Berjamaah

PENAJAM – SELAIN merupakan kewajiban bagi umat muslim, shalat subuh berjamaah juga sangat besar manfaatnya bagi kesehatan dan sebagai ajang silahturahmi antar sesama. Karenanya, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Zainal Arifin mengajak seluruh masyarakat, khususnya kaum muslim di Benua Taka untuk mengaktifkan shalat subuh berjamaah.

“Shalat subuh adalah penghulunya shalat. Jadi bangun di pagi hari atau di awal hari, kemudian salat berjamaah itu adalah motivasi yang luar biasa. Dan ini disyiarkan betul-betul oleh Rasulullah agar bisa menjaga shalat berjamaah kita,” kata Zainal Arifin, Rabu (9/10/2024).

Dia menambahkan, bagi kaum laki-laki sesungguhnya memang diwajibkan shalat berjamaah di masjid. Karena hal itu akan membangun ukhuwah yang baik dari sisi religius, membangun semangat spirit dan motivasi untuk bisa mengerjakan tugas-tugas di sepanjang hari.

“Jadi kalau kita bangun di pagi hari kemudian shalat berjamaah, itu semua akan menjadi motivasi kita sepanjang hari,” ujarnya.

Kemudian tambah Zainal, dari sisi kesehatan shalat subuh berjamaah juga sangat baik. Karena ternyata semua recovery itu harus dibangun di pagi hari.

 

Menurutnya, ketika malam hari tubuh manusia beristirahat dan sel-sel manusia mereka-ulang kesehatannya, kemudian memperbaiki sel yang rusak.

Lalu ketika bangun di pagi hari dengan dibasuh air wudhu, artinya itu telah memungkinkan aktifasi sel-sel yang tadinya di-recovery, dan ketika bergerak ke masjid itu membangkitkan aktifasi.

” Dan memang berdasarkan penelitian waktu yang paling baik itu adalah ketika di subuh hari,” ucapnya.

“Karena di dunia ini intinya adalah bagaimana kita mendapatkan berkah dari Allah SWT dalam bekerja, silahturahmi dalam berkumpul dan sebagainya,” tutup Direktur Konservasi Tanah dan Air, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com