Sekda Tohar Sampaikan Kesiapan PPU Sukseskan Pilkada 2024

SAMARINDA – SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Crystal Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Selasa (15/10/2024).

Rakor itu bertujuan untuk pembinaan dan pemberdayaan ormas dalam mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Kondusifitas Daerah Mendukung Pilkada Serentak 2024 di Kaltim” dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Akmal Malik menekankan pentingnya menjaga kondusifitas dan dinamika politik yang berdasarkan norma, etika, dan rasionalitas selama proses Pilkada.

“Pilkada menjadi momen penting, karena di sinilah seluruh masyarakat atau ormas yang mewakili masyarakat akan berkontribusi untuk mengartikulasikan kepentingannya dan melaksanakan hak-hak demokrasinya,” ucapnya.

Akmal juga menyoroti potensi hambatan dan gangguan yang mungkin timbul selama Pilkada, sesuai dengan arahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan ormas untuk mengoptimalkan hubungan yang harmonis melalui komunikasi yang baik.

“Proses politik yang saat ini sedang berjalan tidak boleh diwarnai oleh tindakan-tindakan yang mencederai demokrasi seperti ujaran kebencian, hoaks, politik uang hingga kekerasan,” tegasnya.

Akmal menegaskan peran strategis ormas dalam memastikan partisipasi politik yang damai, terbuka, dan menghormati perbedaan. Ia meminta semua pihak untuk menghindari tindakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di Kalimantan Timur.

“Ormas harus mendukung penguatan lembaga demokrasi, pilkada yang bebas dan adil, serta menjaga proses pembentukan legislasi yang transparan,” pintanya.

 

Sementara Sekda PPU Tohar saat ditemui usai kegiatan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU siap mendukung dan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 di Kaltim.

Suksesnya Pemilu 2024, sambung dia, tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu saja dalam hal ini KPU, Bawaslu dan DKPP. Tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah termasuk Pemkab PPU.

“Pemkab PPU siap mendukung dan mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024 di Kaltim,” ucapnya.

Rakor Ormas bersama Forkopimda se-Kaltim diikuti oleh sekitar 750 peserta, terdiri dari perwakilan ormas tingkat provinsi dan kabupaten/kota, kepala daerah beserta unsur Forkopimda kabupaten/kota, instansi vertikal, perangkat daerah Pemprov Kaltim, serta aparatur Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Dalam acara tersebut hadir Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, perwakilan Pangdam VI Mulawarman, Polda Kaltim, dan Kejaksaan Tinggi Kaltim dan sejumlah pejabat terkait lainnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com