Helmi Abdullah Naik Jadi Ketua DPRD Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – MELALUI Rapat Paripurna Internal di Ruang Rapat Utama Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, politisi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Helmi Abdullah terpilih sebagai Ketua DPRD Samarinda definitif periode 2024-2029.

Untuk diketahui, pimpinan definitif DPRD Samarinda mendampingi Helmi Abdulah yakni Wakil Ketua I DPRD Samarinda Rusdi dari Fraksi Golongan Karya (Golkar), Wakil Ketua II Ahmad Vananzda dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dan Wakil Ketua III Celni Pita Sari dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem).

Helmi Abdulah menyampaikan pandangannya mengenai masa depan DPRD Samarinda dengan anggota dewan yang baru dan berbeda dari periode sebelumnya. Dia juga akan mengingatkan para anggota dewan untuk menjalankan tiga tugas utama yang telah diatur dalam Undang-Undang.

“Kalau sudah bicara di DPRD tidak ada lagi bicara partai, kita sudah berbicara institusi DPRD Kota Samarinda dan prinsipnya harus kompak dalam menjalankan tugas, yaitu pengawasan terhadap pembangunan yang ada di Kota Samarinda, penganggaran dan legislasi,” kata Helmi kepada awak media usai memimpin rapat raripurna, Rabu (16/10/2024).

 

Terkait proses penetapan pimpinan, Helmi menjelaskan bahwa surat resmi sudah ada dan akan segera dikirim ke Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mendapat Surat Keputusan (SK) definitif.

“Kami akan bersurat melalui wali kota diteruskan kepada PJ Gubernur. Berdasarkan undang-undang, maksimal 14 hari setelah SK itu kita terima, kita akan mengadakan pelantikan Ketua DPRD yang mungkin akhir bulan Oktober atau awal bulan November,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Samarinda Utara dan Sungai Pinang ini.

Rapat Paripurna Internal DPRD Samarinda kali ini juga mengagendakan perubahan susunan Fraksi PDIP, dan pengumuman usulan calon definitif pimpinan DPRD Samarinda masa jabatan tahun 2024-2029. Kemudian pengumuman pembentukan susunan alat kelengkapan (AKD) DPRD Samarinda. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com