Kebakaran Hanguskan 23 Ruko di Kota Bangun, Kerugian Capai Rp5 Miliar

KOTA BANGUN – KEBAKARAN hebat terjadi di Jalan Jenderal A Yani, Desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 01.45 Wita. Peristiwa tragis tersebut menghanguskan 23 bangunan ruko dan menyebabkan lima ruko lainnya terdampak.

Menurut keterangan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kota Bangun Iptu Ribut, api diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu ruko. Saksi Mulyadi (38) dan H Iwan (50), warga setempat, melihat api muncul dari bagian belakang salah satu ruko, lalu dengan cepat membesar.

“Warga setempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum bantuan dari pemadam kebakaran tiba,” katanya.

Tim pemadam kebakaran yang terdiri dari Damkar Kecamatan Kota Bangun, relawan kebakaran, Polsek, Koramil, PMI, dan petugas PLN dikerahkan untuk memadamkan api. Api berhasil dikendalikan sekitar pukul 04.00 Wita, dan proses pendinginan lokasi langsung dilakukan oleh relawan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp5 miliar. Hingga kini, pihak berwenang masih melakukan pendataan lebih lanjut terhadap korban dan dampak kebakaran.

“Penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran tengah dilakukan oleh pihak kepolisian, termasuk langkah inventarisasi korban serta rencana pendirian posko kebakaran untuk membantu para korban terdampak,” terang Iptu Ribut. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com