rri.co.id

Debat Publik Perdana Pilgub Kalsel 2024 Digelar 23 Oktober

BANJARMASIN – Debat publik perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024 digelar Rabu (23/10/2024) mendatang. Debat yang akan mempertemukan calon gubernur itu rencananya digelar di Ballroom Rattan Inn Hotel Banjarmasin. Diketahui, debat Pilgub Kalsel yang diramaikan dua pasangan alon, yakni Muhidin-Hasnuryadi nomor urut 1 dan Raudhatul Jannah-Akhmad Rozanie nomor urut 2. “Berdasarkan hasil rapat, ditetapkan lokasi debat di Rattan Inn,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat KPU Kalsel, Fahmi Failasopa.Karena digelar di tempat tertutup, Fahmi mengatakan, peserta yang hadir ke lokasi debat terpaksa dibatasi. Berdasarkan hasil rapat, jumlah pendukung masing-masing pasangan calon yang boleh masuk ke ruang debat maksimal 80 orang. “Nantinya ada 70 orang pendukung dan 10 orang dari partai politik pengusul pasangan calon,” beber Fahmi.

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa menyebut debat publik Pilgub dilaksanakan selama dua kali “Untuk debat kedua yang mempertemukan calon wakil gubernur dihelat satu bulan setelahnya atau pada 23 November nanti,” katanya. Andi Tenri mengatakan, setiap debat diikuti calon gubernur dan wakilnya. Ia menyatakan, hal itu sudah disepakati kedua tim pasangan calon.

Andi Tenri mengungkapkan, setiap debat publik melibatkan tujuh orang tim perumus yang berasal dari kalangan akademisi, masyarakat, dan profesional. Para tim perumus ini akan mengodok dan menyiapkan pertanyaan debat. Temanya nanti secara umum merujuk pada visi, misi, dan program rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi atau rencana pembangunan jangka panjang daerah kabupaten/kota. Mengenai persiapan, Muhidin mengaku tak ada persiapan khusus. Terlebih, Ketua DPW PAN Kalsel itu sudah pengalaman di forum debat pilkada sebelumnya. “Kami akan fokus menjabarkan visi-misi dan program nanti,” ujarnya. []

Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com