Pemkab Kukar dan Kodim 0906/Kkr Kolaborasi Kembangkan Sektor Pertanian

TENGGARONG SEBERANG – SALAH satu visi misi serta program unggulan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) adalah pengembangan dalam sektor pertanian.

Sejalan dengan visi dan misi tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/Kkr melalui kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122, juga menyasar pembangunan dalam sektor pertanian, guna meningkatkan serta melakukan pengembangan sektor pertanian yang ada di Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang.

Upaya pengembangan dalam sektor pertanian itu salah satunya dengan cara membangun dam atau pintu air sebagai penopang pengairan di lokasi pertanian dan juga persawahan.

Kemudian, dilakukan juga serangkaian pembangunan sasaran fisik dam non fisik, serta beberapa sasaran tambahan. Kegiatan tersebut sudah mulai dikerjakan. Bahkan untuk di beberapa titik sudah ada yang selesai dikerjakan. Seperti jembatan penghubung di sektor 5 areal pertanian Kelompok Tani Berdikari.

Satuan Tugas (Satgas) TMMD juga memfokuskan pada pengerjaan pelebaran galian dan pola pemancangan cek dam/pintu air di Dusun 4, RT 18, Desa Kerta Buana. Pintu air tersebut akan digunakan sebagai penopang pendistribusian kebutuhan air di areal persawahan milik Kelompok Tani (Poktan) Sida Karya dan beberapa areal persawahan Poktan lainnya.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar Bambang Arwanto mengapresiasi program pengembangan sektor pertanian yang dilakukan oleh Kodim 0906/Kkr dalam kegiatan TMMD tersebut.

“Kehadiran kegiatan TMMD ini adalah bukti nyata ada TNI dan juga Pemkab Kukar di tengah-tengah masyarakat. Untuk membantu para petani, dan juga mewujudkan program ketahanan pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN),” ungkap Bambang Arwanto saat menyambut kedatangan rombongan Tim Wases di Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang, Kamis (17/10/2024).

 

Pjs Bupati Kukar menjelaskan, sektor pertanian merupakan sesuatu yang sangat penting, yang harus terus dikembangkan serta dilindungi. Karena ini menyangkut dengan Kukar sebagai salah satu wilayah penyangga ketahanan pangan bagi IKN.

Melalui kolaborasi yang terjalin antara Kodim 0906/Kkr, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, masyarakat, serta berbagai pihak lainnya diharapkan pembangunan yang dilakukan pada kegiatan TMMD mampu memberikan dampak yang signifikan bagi para petani guna mendapatkan hasil panen yang maksimal, serta memudahkan para petani dan juga masyarakat dari berbagai infrastruktur-infrastruktur yang dibangun. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com