Debat Pertama Pilgub Kaltim Akan Digelar di Hotel Mesra Samarinda

SAMARINDA – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu (19/10/2024), mengumumkan rencana pelaksanaan debat pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Kaltim yang akan berlangsung pada Rabu (23/10/2024) mendatang.

Debat itu akan diselenggrakan di Ballroom Hotel Mesra, Jalan Pahlawan, Samarinda dan disiarkan langsung oleh TVRI Samarinda mulai pukul 20.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita) yang akan dihadiri oleh dua Pasangan Calon (paslon) peserta Pilgub Kaltim beserta para pendukungnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kaltim Abdul Qayyim Rasyid menyatakan, pihaknya dengan tim perumus dan tim Paslon telah berkoordinasi mengenai pelaksanaan dan tema debat Pilgub Kaltim.

“Debat pertama bertempat di Samarinda, yakni Hotel Mesra Internasional dan penyiarnya TVRI Samarinda tanggal 23 jam 8 malam. Terkait jumlah pendukung, mintanya tim paslon 200 orang, kita analisa besok,” jelasnya.

Mengenai tema debat, Qayyim mengungkapkan, dalam debat pertama tema yang angkat adalah Penguatan Pondasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat. Tema itu diambil dari penguraian visi dan misi kedua Paslon yang berfokuskan pada isu kesejahteraan masyarakat. Sedangkan mekanisme debat tetap mengacu pada perundang-undangan yang ada, seperti debat Pilgub sebelumnya.

“Tema debat itu adalah perwujudan dari visi misi kedua pasangan calon dan akan terdiri dari beberapa segmen, termasuk sesi tanya-jawab antar pasangan calon dan sesi pertanyaan yang telah disusun dari tim panelis,” kata pria yang menyandang gelar sarjana bidang bahasa arab ini.

KPU Kaltim juga telah menetapkan tim panelis yang berasal dari kalangan akademisi, professional dan tokoh masyarakat. Dia menambahkan, nama-nama panelis akan diumumkan dalam waktu dekat karena masih menunggu kesanggupan yang bersangkutan.

“Sudah ada namanya cuman belum ada pernyataan kesediaannya dan menandatangani integritas sesuai dengan ketentuan dan  berasal dari akademisi, profesional serta tokoh masyarakat,” tutur mantan Ketua KPU Kabupaten Paser ini.

Dia mengungkapkan, debat Paslon pertama akan diadakan di Kaltim, sementara debat kedua dan ketiga akan dilaksanakan di Jakarta dengan stasiun televise nasional, yakni TransTV dan MetroTV pada tanggal 03 dan 22 November 2024.

“Setelah debat pertama terselenggara di Kaltim, kami akan melakukan evaluasi untuk penyelenggaraan debat kedua dan ketiga yang yang digelar di Jakarta dengan telivisi nasional di bulan November,” tutup Qayyim. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com