Abdul Qayyim Rasyid Buka Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

SAMARINDA – KOMISIONER Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kaltim Abdul Qayyim Rasyid membuka kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutan pada kegiatan yang berlangsung di Aula KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Sabtu (19/10/2024), Qayyim mengatakan, simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pilkada ini bertujuan  mengukur efektivitas dan efisiensi dari awal pemungutan suara sampai penghitungan.

Kemudian, memberikan gambaran pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebelum memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Simulasi dibuat semirip mungkin dengan situasi saat pemungutan suara 27 November nanti dan memberikan gambaran kepada teman penyelenggara sebelum membimtek KPPS yang akan direkrut,” ujar Qayyim.

Dia mengingatkan, PPK dan PPS dalam memberikan bimtek untuk KPPS agar selalu mengingatkan Ketua KPPS untuk dapat mempebolehkan masyarakat mengabadikan atau mencatat hasil penghitungan di TPS karena tujuan dari tahapan untuk memasang hasil penghitungan yakni agar masyarakat dapat mengetahui hasilnya.

“Ketua KPPS kita harus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memfoto hasil penghitungan meskipun kita memiliki kewajiban untuk menempel di PPS dan PPK, jangan sampai kita dikatakan tidak melakukan tahapan,” kata Qayyim.

 

Dalam kesempatan itu Qayyim berharap. Setiap tahapan Pilkada dapat dilaksanakan dengan baik oleh KPU Kabupaten/Kota di Kaltim dan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota senantiasa memberikan dukungan tempat untuk melaksanakan tahapan Pilkada yang diselenggarakan KPU.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada di daerah masing-masing dapat berjalan sesuai dengan tahapannya dan Pemerintah Daerah selalu mensupport tempat penyelenggaraan kami di tingkat Kabupaten/Kota,” tutup Qayyim. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com