static.promediateknologi.id

Kementerian Luar Negeri RI Miliki Tiga Wakil Menteri, Sugiono Beri Penjelasan

JAKARTA- Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Sugiono, buka suara soal tiga wakil menteri yang akan membantunya di Kementerian Luar Negeri. Menurut Sugiono, ada beberapa negara yang juga memiliki lebih dari tiga wakil menteri yang mendampingi menlu. Hal ini karena untuk pertama kalinya Kemlu RI memiliki tiga wamenlu dalam satu kabinet. “Sebagai perbandingan di Australia lebih dari tiga [wamenlu],” kata dia saat wawancara dengan CNNIndonesia di Jakarta Senin (21/10/24).

Menlu Australia berada di bawah Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT).  Di departemen itu terdapat sejumlah menteri yang turut membantu tugas Menlu. Mereka yakni Menteri Perdagangan dan Pariwisata, Menteri Pembangunan Internasional di Pasifik, Asisten Menteri Luar Negeri, Asisten Menteri Perdagangan, Asisten Menteri Luar Negeri.

Jika ditotal ada empat orang yang membantu tugas Menteri Luar Negeri Australia. Di kesempatan itu, Sugiono mengatakan tugas menlu bukan perkara mudah. Dia juga menyebut pemilihan tiga wamen adalah keputusan Presiden Indonesia Prabowo Subianto. “Itu keputusannya Pak Presiden [Prabowo Subianto] ya, tapi yang pasti beliau pasti menganggap ini adalah satu hal yang sangat penting,” ungkap Sugiono.  Sejumlah pengamat menilai Prabowo akan lebih aktif di panggung global selama menjadi presiden Indonesia. []

Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com