Kepala Kemenag Kukar Tekankan Pentingnya UPZ Masjid Dukung Baznas

TENGGARONG – GUNA meningkatkan peran Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Masjid dalam pengumpulan dan penyaluran zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) belum lama ini, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam upaya penguatan sinergi antara Baznas Kukar dan UPZ Masjid.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kukar Nasrun menyampaikan tentang pentingnya peran masjid dalam mendukung Baznas.

“Masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan, juga harus menjadi pusat penggerak kesejahteraan melalui zakat. Kerjasama yang erat, antara Baznas Kukar dan juga UPZ Masjid diharapkan mampu untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan zakat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menunaikan zakat,” jelasnya saat dikonfirmasi oleh awak media, Senin (21/10/2024).

Dia menjelaskan, strategi pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dari masjid-masjid yang ada di Kukar, serta menyusun langkah-langkah kongkret untuk memperkuat peran masjid, dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat melalui zakat, menjadi suatu fokus yang penting.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Kukar Muhammad Shafik Avicenna berharap, melalui sinergi yang kuat antara Baznas Kukar bersama UPZ Masjid, maka pengumpulan zakat dapat berjalan dengan lebih optimal. Dan manfaatnya dapat semakin dirasakan oleh mustahik di seluruh Kabupaten Kukar.

“Dengan terjalinnya sinergi yang baik, antara Baznas Kukar dan UPZ Masjid, dapat meningkatkan serta mengoptimalkan pengumpulan zakat. Dan juga, penyaluran zakat yang diberikan kepada para mustahik dapat menjadi lebih optimal lagi,” pungkasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com