Pj Bupati Zainal Arifin Pimpin Diskusi Bahas Skema Pembiayaan PT SMI

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin pimpin Rapat Kordinasi (Rakor) terkait skema pembiayaan pembangunan daerah melalui PT Multi Sarana Insfrastruktur (SMI) yang digelar di Kantor Bupati PPU, Kilometer 09 Nipah-nipah, Penajam, Selasa (22/10/2024).

Rakor itu dihadiri Ketua DPRD Kabupaten PPU Rauf Muin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra PPU Nicko Herlambang, jajaran PT SMI, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat terkait lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

Zainal Arifin dalam kesempatan itu mengatakan, pinjaman daerah merupakan salah satu alternatif yang dilakukan daerah untuk mendukung terwujudnya pembangunan di wilayahnya.

“Prinsipnya, hari ini kita sedang berdiskusi untuk membuka peluang-peluang pendanaan kreatif untuk pembiayaan pembangunan yang ada di Kabupaten PPU,” kata Zainal Arifin.

Kehadiran PT SMI tambah Zainal, adalah terkait dengan alternatif pembiayaan melalui pinjaman yang diharapkan mampu menjadi suporting untuk pendanaan bagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya prioritas.

“Pinjaman ini fungsinnya suporting kegiatan pembangunan yang dilaksanakan,” ujarnya.

Terkait rencana pinjaman Pemkab PPU, Zainal Arifin mengatakan bahwa saat ini Pemkab PPU juga masih ada ikatan pinjaman dengan pihak PT SMI dan baru akan berahir di 2026 mendatang.

“Saat ini kita masih menjajaki itu dan terkait pinjaman, ini masih harus kita diskusikan lebih lanjut lagi. Hari ini kita juga didampingi Ketua DPRD dan beliau tadi mengamanatkan agar selalu memperhatikan efektivitas pelaksanaan program, sehingga program-program yang dijalankan tersebut dapat betul-betul bisa dirasakan masyarakat,” kata Zainal Arifin.

 

Sementara Ketua DPRD Kabupaten PP, Rauf Muin dalam pertemuan tersebut mengatakan, Kabupaten PPU memiliki wilayah yang sangat luas, tetapi penduduknya masih kurang. Oleh karena itu, pembiayaan dalam kegiatan pembangunan membutuhkan pendanaan yang lebih besar dibandingkan wilayah lainnya di Indonesia yang wilayahnya lebih kecil.

Dirinya menilai sejumlah pembangunan di Kabupaten PPU yang pembiayaannya dari dana pinjaman PT SMI beberapa tahun lalu hingga saat ini pemanfaatannya ada yang belum maksimal. Salah satunya adalah pembangunan Coastal Road yang hingga saat ini belum dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Terkait pinjaman, pada prinsipnya kami tidak masalah dan meyakinkan. jika itu untuk kebaikan PPU pastilah saya setuju. Namun sayang rasanya biaya yang begitu besar jika peruntukannya tidak tepat. Oleh karena itu dalam membangun konsep perencanaannya harus jelas,” kata Rauf. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com