Menuju Kinerja Unggul, Pemkab PPU Mantapkan Kompetensi ASN

PENAJAM – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten PPU menggelar kegiatan Sosialisasi Penyusunan Dokumen Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) bagi Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas.

Acara yang berlangsung di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU itu dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU yang diwakili Kepala Bagian Organisi Setda Kabupaten PPU Firman Usman, Rabu (23/10/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyusun dokumen yang memuat deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugasnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN.

Dalam sambutannya, Firman Usman menekankan pentingnya standar kompetensi jabatan dalam rangka manajemen talenta berbasis merit di lingkungan ASN.

“Manajemen talenta dapat digunakan untuk merekrut, mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempromosikan ASN sesuai kompetensi yang dimiliki, sehingga tercapai ASN yang berkinerja tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Firman menjelaskan, penyusunan standar kompetensi jabatan itu merupakan prasyarat penting dalam penyusunan pola karir ASN yang menjamin objektivitas, keadilan, dan transparansi dalam pengangkatan ASN dalam jabatan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar setiap jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki standar kompetensi yang jelas dan sesuai dengan tuntutan fungsi jabatan. Dengan demikian, ASN dapat ditempatkan sesuai dengan kompetensinya, sehingga kinerja pemerintahan dapat lebih optimal,” kata Firman Usman.

“Kegiatan penyusunan dokumen SKJ ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Penajam Paser Utara, melalui penempatan ASN yang tepat di setiap posisi jabatan,” tutupnya.

 

Sementara dalam laporan, panitia penyelenggara Inanta Novi Ariyanti menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan DPPA-SKPD Bagian Organisasi Tahun 2024, khususnya Sub Kegiatan Fasilitasi Kelembagaan dan Analisis Jabatan.

Acara itu dilaksanakan selama dua hari, 23 dan 24 Oktober 2024, dengan peserta yang terdiri dari pejabat atau staf teknis yang menangani standar kompetensi jabatan di setiap perangkat daerah.

Inanta juga menyampaikan apresiasinya kepada para narasumber dari Biro Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah hadir untuk memberikan materi dan bimbingan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen standar kompetensi jabatan yang aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” katanya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com