Kunjungi LPP Tenggarong, Disperindag Kukar Apresiasi Karya-karya WBP

TENGGARONG – DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Informasi Industri Hamidin melakukan kunjungan silaturahmi ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Tenggarong, Jalan Imam Bonjol, Melayu, Tenggarong, Rabu (23/10/2024).

Kunjungan tersebut merupakan balasan setelah sebelumnya Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Tenggarong Triana Agustin bersama jajarannya, melakukan kunjungan silaturahmi ke Disperindag Kukar.

Kunjungan yang dilakukan Kabid Promosi dan Informasi Industri Disperindag Kukar Hamidin adalah untuk melihat secara langsung kegiatan pembinaan kemandirian, melalui berbagai program yang dilakukan oleh LPP Tenggarong. Serta melihat secara langsung potensi dan juga karya-karya yang dihasilkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas.

Dalam kunjungannya tersebut, Hamidin menekankan tentang pentingnya pelatihan sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan para WBP, agar dapat mandiri dan berdaya saing nantinya setelah selesai menjalani hukuman di Lapas.

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan keterampilan bagi para WBP, akan tetapi juga memberikan harapan baru bagi mereka. Untuk memulai hidup yang lebih baik lagi ke depannya,” jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Kalapas LPP Tenggarong Triana Agustin membeberkan berbagai macam program pelatihan yang diberikan kepada para WBP. Pelatihan itu kata dia, merupakan upaya mengembangkan keterampilan serta potensi yang dimiliki para WBP.

“Ada berbagai program pembinaan kemandirian yang dilakukan, diantaranya adalah pelatihan menjahit, salon, membatik, handycraft, pertanian, dan ada juga laundry,” ungkapnya.

Triana menjelaskan, pelatihan tersebut sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri, dan juga kemampuan dari para WBP.

“Kami ingin, agar mereka tidak hanya bisa bertahan hidup, tetapi juga dapat berhasil di kehidupannya ke depan, setelah selesai menjalani hukuman, dan keluar dari Lapas ini tentunya,” pungkasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com