Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Menengok Panorama Pasir Panjang Yang Ternama

Menengok Panorama Pasir Panjang Yang Ternama

 
Suasana terbenam Matahari di Pasir Panjang, Kota Singkawang yang indah dan menawan

Panorama terbenamnya matahari (sun set) di Pasir Panjang, Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang. Begitu indah dan menawan.

SINGKAWANG – Tahu tidak, mengapa kota Singkawang yang letaknya sekitar 142 kilo meter (km) dari kota Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat (Kalbar) sering disebut China Town-nya Indonesia? Itu karena sekitar 70 persen populasi Singkawang beretnis Tionghoa. Karena itu pula, Kota Singkawang juga dijuluki kota amoy, kota yang dipenuhi wanita cantik berkulit putih macam Tang Wei, artis China yang populer. Bahkan ada kelakar, “Kalau mau memperbaiki keterunan, pergi saja cari jodoh ke Singkawang!” Ada yang mau coba?

Selain terkenal dengan amoy-nya, di kota yang letak geografisnya berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia ini, terdapat sebuah destinasi wisata yang sangat menarik. Panorama pantai dan sun set terkenal indah dan menawan. Adalah Pantai Pasir Panjang, terletak di Kecamatan Tujuh Belas. Berlokasi sekitar 17 km dari pusat kota Singkawang atau sekitar 20 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke Laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Pulau Randayan, Pulau Lemukutan dan Pulau Kabung.

Disebut Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang panjang di laut lepas sepanjang 3 km. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Hamparan pasir putih yang seperti karpet, bebatuan, panorama alamnya yang masih alami dan air lautanya yang tenang, menjadikan pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Rasakan hembusan angin laut membelai kulit Anda ketika Anda berjalan di sepanjang garis pantai sambil memandang ke laut lepas. Suasana akan semakin indah ketika matahari mulai menghilang di ufuk barat.

Bila bosan di pantai, pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta. Pengujung juga dapat menikmati fasilitas yang ada di Taman Pasir Panjang Indah (TPPI), seperti kolam renang, motel, pemancingan, restoran, diskotik dan sarana bermain. Terdapat sarana olah raga bermotor seperti track atau sirkuit bagi para kawula muda untuk menyalurkan bakatnya dalam road race maupun grass track. Dengan air laut yang tenang pantai ini juga cocok untuk berkembangnya olah raga jetsky dan parasailling.

Ada juga taman gestrek yang tampak dikelola dengan baik. Di bahu pantai taman gestrek, terdapat tempat perbelanjaan yang oleh orang Singkawang disebut warung pojokan. Di tempat ini pelancong dapat memperoleh cinderamata untuk oleh-oleh orang di rumah.

Lalu tampak pula barau sungai yang tertata rapi di Pasir Panjang. Di antara sebagian barau dibangun menggunakan anggaran dari pusat. Proyek barau sungai dikerjakan kontraktor yang owner-nya merupakan warga Kampung Tengah Kota Singkawang, Romi. Ia menunjukkan ide terbaik dan berjasa untuk keberadaan pasir panjang pada mutu objek para wisata, baik pihak dalam maupun luar.

Tak kalah penting adalah lajur masuk pasir panjang baik di sisi depan ujung dan tengah terhubung dengan jembatan mini yang berdiri kokoh di tengah barau sungai. Pembangunan lajur ini dikerjakan kontraktor milik warga Mempawah, Budi.

Endang KD, salah seorang pengunjung Pasir Panjang, mengungkapkan, panorama pasir panjang begitu fantastik. “Sungguh fantastik pasir panjang ini, pantas saja terkenal,’’ katanya. [] Rachmat Effendi

1,736 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa